Sebelum Terlambat, Hindari Gangguan Ginjal dengan Cara Ini

gagal ginjal, ginjal, penyakit ginjal

 

Gangguan ginjal atau yang sering disebut dengan gagal ginjal diderita oleh setidaknya 10% dari populasi penduduk dunia. Di Indonesia sendiri ada sekitar 30 juta orang yang menderita gagal ginjal kronis. Dan, anda yang saat ini telah memiliki tekanan darah tinggi, mengidap diabetes dan memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit ginjal memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk terjangkit penyakit gagal ginjal.

 

Bukannya mankut-nakuti, tapi gagal ginjal memang sangat berbahaya, karena umumnya berkembang tanpa memberikan gejala yang jelas. Saat anda menyadarinya, gangguan ginjal anda sudah parah dan sulit ditangani. Perlu juga anda ketahui bahwa sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Perawatan terhadap penyakit ini seperti cuci darah hanya bisa memperlambat atau menghentikan sementara perkembangan penyakit gagal ginjal.

 

Jelas sekali, sebelum semuanya terlambat lebih baik anda melakukan usaha pencegahan agar anda dan keluarga terbebas dari silent killer ini. Menariknya, cara pencegahan penyakit mematikan ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Benar, sangat mudah karena yang perlu anda lakukan adalah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya (Sekitar 8 gelas perhari).

 

minum air putih untuk mencegah gagal ginjal

Anda pastinya sudah sering mendengar betapa besar manfaat yang bisa anda dapatkan dari meminum cukup air putih setiap harinya. Namun, berapa dari anda yang mengaplikasikannya dalam keseharian? Ya, saya menulis artikel ini untuk mengajak anda hidup lebih sehat dengan rutin mengkonsumsi air putih setiap harinya.

 

Saya sadar, tidak banyak dari kita yang bisa meluangkan waktu untuk cek up rutin setiap bulan atau sekedar berolah raga seacara teratur. Meskipun demikian, saya yakin anda pasti punya waktu dan kesempatan untuk sekedar minum air putih. Sebelum semuanya terlambat, dan anda menyesal. Mulailah untuk memberikan asupan air yang cukup pada tubuh anda.

 

Anda bisa membawa botol minuman ketempat kerja, menaruh gelas dan tempat air disamping tempat tidur anda dan sebagainya. Usahakan untuk menyediakan air putih dekat dalam jangkauan anda. Sehingga anda bisa meminumnya disela-sela kesibukan anda. Kalau yang sederhana seperti minum air putih saja tidak bisa anda lakukan, maka yang nantinya akan menanggung rugi adalah diri anda sendiri.

 

Sekali lagi, mari biasakan minum cukup air putih. Dua gelas dipagi hari, dua gelas sebelum tidur dan beberapa gelas disela kesibukan anda. Tidak kalah penting, jangan biasakan untuk menahan kencing. Karena itu juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya timbulnya gagal ginjal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *